Disparbudpora Musyawarah Bersama Pedagang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menggelar musyawarah bersama sekitar 20 pedagang yang berada di Wisata Pemandian Bektiharjo.

Musyawarah yang diselenggarakan di Aula Kantor Disparbudpora tersebut, untuk menyepakati dan menentukan harga sewa kios yang telah selesai dibangun dan siap untuk ditempati para pedagang di tahun 2018.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Suwanto, kios baru yang berada di wisata Bektiharjo telah selesai dibangun dan telah siap untuk ditempati. Oleh karena itu, pihaknya melaksanakan rembuk untuk menyepakati harga sewa.

"Kami tidak ingin dengan adanya kios baru kita menetapkan harga sendirian sesuai Perda. Tetapi kami tetap melihat aspirasi dan kekuatan masyarakat," ujar Suwanto kepada blokTuban.com.

Suwanto menambahkan, berdasarkan hasil dari musyawarah bersama pedagang ini, disepakati harga sewa perbulan kios di wisata pemandian Bektiharjo lebih rendah dari pada harga sewa yang ditawarkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Hasil kesepakatan harga sewa kios bagian depan sebesar Rp150.000 per bulan dan untuk kios lainnya Rp125.000 per bulan," ujar Suwanto.

Sebelumnya, Pemkab Tuban menawarkan harga kios sebesar Rp372.000 untuk kios yang berada di depan, dan Rp223.000 untuk kios di bagian belakang. Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Bektiharjo, Sumarwi mengaku keberatan apabila harga sewa seperti yang ditawarkan pemkab.

"Sehingga dari musyawarah bersama dinas ini, kita menyepakati harga sewa kios bagian depan Rp150.000 dan untuk kios depan Rp125.000," tandasnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap dengan adanya fasilitas baru ini pengunjung semakin betah dan nyaman, sehingga pendapatan pedagang bisa bertambah.[hud/ito]