Diikuti Ratusan Peserta, Latber Joko Tarub Konteskan Kicau Burung
Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ratusan peserta dari wilayah Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro mengikuti lomba kicau burung di Taman Joko Tarub, Dusun Morosemo, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang.

Dalam agenda Latihan Bersama (Latber) yang diselenggarakan oleh Joko Tarub Bird Community tersebut banyak melombakan beberapa kelas, seperti kelas baby, cendet, pleci dan kelas-kelas lainnya menjadikan suasana taman dihiasi suara kicau burung yang alami.

"Dari total tiket pendaftaran, ada sekitar 200an peserta dari Tuban dan Bojonegoro," kata Jon Gendon salah satu panitia.

Semua peserta yang hadir dalam Latber itu nampak sangat antusias mengikuti kelas-kelas yang dilombakan panitia. Tampak kesibukan mereka memberi makan dan nutrisi untuk burung-burungnya supaya mampu bertanding kicau di 'gantangan'.

"Sering ikut even kicau burung di daerah lokalan. Ini juga bawa burung Cendet, Alhamdulillah dapat juara juga," kata Adib, salah satu peserta asal Desa Sumberagung saat ditemui blokTuban.com, Kamis (28/12/2017).

Lanjut Adib, untuk tetap menjaga kesehatan dab stamina 'Cendet' miliknya, dia memberikan makanan Kroto yang memiliki kandungan protein yang bagus untuk hewan piaraannya.

"Selain Kroto, makanan lainnya juga ada pur sirbi," pungkasnya.

Tak sedikit juga peserta yang membawa burung kicaunya lebih dari satu, bahkan beberapa peserta dari Tuban kota ada yang membawa 8 ekor burung jenis Pleci dan Love Bird sekaligus dalam even rutinan itu. [feb/col]