Bangilan Juara Umum Kejurcab Pencak Silat PN

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa (PN) Bangilan keluar jadi juara umum Kejuaraan Cabang (Kejurcab) pencak silat PN Piala Ma'arif NU Kabupaten Tuban 2017. Kejuaraan yang digelar di aula PCNU Tuban, Jalan Diponegoro No.17, Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban itu PN Bangilan meraih 6 medali emas, 8 perak, dan 3 perunggu.

"Alahamdulillah Bangilan bisa juara umum, setelah menyelesaikan pertandingan tadi malam" ucap ketua PAC PN Bangilan, A. Qosyim Junaidi, Selasa (26/12/2017).

PN Bangilan menurut dia, keluar jadi juara umum setelah mendapat 6 emas kategori tanding dan seni tunggal. Kemudian 8 perak dari kelas tanding remaja dan pra remaja. Sedangkan yang 3 perunggu dari kelas seni 1 dan usia dini 2.

"Untuk juara dua dan tiga diraih PAC Montong dan Soko," imbuh Junaid, sapaan akrabnya.

Di tempat terpisah ketua Pimpinan Cabang (PC) PN Tuban, Abdul Mujib memberikan selamat atas terselenggaranya kompetisi ini. Pihaknya juga berujar, kalah menang dalam pertandingan adalah hal yang biasa. Lebih dari itu semua niat, harus didasarkan untuk membesarkan Pagar Nusa.

"Tujuan utama yang harus ditunjukan di dunia persilatan, bahwa kader Pagar Nusa mampu berprestasi dan tidak hanya menjadi jago kandang," ungkap Mujib, saat dikonfirmasi wartawan media ini.

Masih Mujib, yang melatarbelakangi diadakannya pertandingan Kejurcab, selama ini Pagar Nusa Tuban lebih terkenal sebagai jawara tarung bebas. Sehingga, image petarung harus tetap dijaga dan dikembangkan.

Pagar Nusa di era ini, menurut pesilat asal Senori itu, harus ikut serta mewarnai kejuaraan yang berprestasi. Untuk itulah kejurkab ini dalam rangka menjaring para atlit silat yang ada di Kabupaten Tuban.

"Hasilnya untuk dibina menuju kejuaraan tingkat lokal, wilayah, Nasional, bahkan Internasional," tandasnya penuh yakin.

Pihaknya berharap, Pagar Nusa Tuban tidak hanya menjadi jago kandang. Namun harus bisa berbicra banyak di luar. "Sebagai pimpinan cabang agar dalam kejuaraan apapun para pesilat atau atlit menjunjung tinggi sifat sportifitas," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ratusan atlet pencak silat Pagar Nusa dari 14 PAC se Kabupaten Tuban, mengikuti Kejurcab pencak silat PN Piala Ma'arif NU Kabupaten Tuban 2017, sejak Minggua hingga Senin malam (24-25/12/2017).

Kejurcab yang berlangsung di Aula Gedung PC NU Tuban tersebut diselenggakan oleh Pimpinan Cabang Pagar Nusa Tuban dan Ma'arif NU Tuban dalam rangka untuk menjaring atlet muda berbakat.[rof/ito]