Packing Plan SG Kemas 1.500 Ton Semen Curah Perhari

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Packing Plant Semen Gresik di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, mampu mengemas 1.500 ton semen setiap hari. Semen-semen itu langsung dipasarkan dan diproduksi di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Manajer Operasional Packing Plant SG, Siswanto menjelaskan, tempat ini mulai beroperasi sejak akhir tahun 2011 lalu. Ada beberapa perangkat peralatan seperti silo (penyimpanan semen curah) dan dermaga kapal dengan kapasitas mencapai 10 ribu ton.

"15.000 ton semen kami kemas setiap hari," kata Siswanto, ketika menerima kunjungan media di Packing Plant SG Banyuwangi, Jumat (22/12/2017).

Semen yang dikemas di tempat ini berasal dari Semen Gresik pabrik Tuban. Packing Plant mendapat kiriman dua kapal semen curah perminggu, dengan kapasitas masing-masing kapal bermuatan 6 ribu ton.

"Setiap satu kapal bisa kita kemas dalam tiga hari, pabrik Tuban memang mendapat prioritas utama pengemasan di tempat ini," kata Siswanto.

Tempat ini mempunyai mesin packer yang didesain untuk mengemas 2.400 pack semen per jam. Pengemasan dari tempat ini didistribusikan ke wilayah Banyuwangi dan Bali, dengan karyawan sekitar 50 orang. [pur/rom]