Sambut Maulid Nabi, Pagar Nusa Gelar Santunan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Memanfaatkan keutamaan bulan Maulud, dalam menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, pendekar yang tergabung dalam Organisasi Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Bangilan menggelar santunan anak yatim piatu dan duafa di Desa Ngrojo Bangilan, Rabu malam (20/12/2017).

Menurut ketua penyelenggara, Hidayat Syaifuddin, kegiatan santunan yang dibungkus dengan pengajian umum ini arahnya akan dijadikan kegiatan rutin dari Pagar Nusa. Santunan itu menurutnya, sebagai wujud penghormatan kepada anak yatim.

"Semoga bisa Istiqomah dilaksanakan, karena ini bentuk upaya kita memulyakan yatim," ucap Udin, sapaan akrabnya usai kegiatan.

Di tempat terpisah, Camat Bangilan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Banom NU tersebut. Pihaknya berharap organisasi maupun lembaga lainnya memiliki keinginan meniru kegiatan santunan kepada yatim piatu.

"Luar biasa apa yang dilakukan para pendekar NU Bangilan, yang lain patut meniru," tegas Camat Bangilan, Moch. Maftuchin Riza pagi ini, Kamis (21/12/2017).

Hal senada juga dilontarkan oleh ketua PC Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib. Pihaknya memberi penghargaan setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan Pagar Nusa Bangilan.

"Ini adalah bentuk nyata Pagar Nusa sebagai pagar NU dan Bangsa. Mereka ikut memikirkan dan bergerak membantu sesama," tutur Mujib, begitu ia disapa.

Data yang dihimpun blokTuban.com, dalam acara itu juga dihadiri semua pesilat yang tergabung dalam IPSI. Menurut Mujib, kegiatan Pagar Nusa ini merupakan komitmen dalam menjaga kerukunan dalam kontek BHINNEKA TUNGGAL IKA.

"Kegiatan santunan yatim dan duafa' ini bentuk rasa kepekaan sosial yang tinggi dan saya harap rasa sosial ini dikembangkan di setiap kehidupan bermasyarakat sebagai bentuk khidmah kita di masyarakat. Semoga kegiatan ini juga bisa ditumbuhkembangkan di semua PAC se-Kabupaten Tuban," pungkas Mujib. [rof/rom]