Musim Tanam, Harga Sapi Turun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim tanam bagi para petani di wilayah Kabupaten Tuban saat ini telah tiba. Hal itu menyebabkan beberapa minggu ini harga hewan sapi di Pasar Hewan Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban turun, Senin (18/12/2017).

Menurut salah satu penjual sapi asal Kecamatan Kerek, Bisri mengatakan, harga sapi tersebut turun sudah sejak beberapa minggu terakhir ini. Hal itu dikarenakan musim tanam ini para masyarakat yang mayoritas petani lebih memprioritaskan untuk membeli bibit serta kebutuhan tanam lainya.

"Beberapa minggu ini harga sapi turun, biasanya apabila harganya normal sapi yang saya bawa ini bisa sampai Rp7,3 juta, tapi saat ini Rp6,5 juta belum laku," ujar Bisri kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Bisri mengungkapkan, selain harga sapi turun kondisi pasar dimusim tanam ini juga sepi dibandingkan dengan satu bulan yang lalu, "Pembelinya saat ini juga sepi, sedangkan penjualnya banyak," sambungnya.

Hal senada diungkapkan oleh penjual lain, Salam mengatakan, penurunan harga sapi saat ini rata-rata ada sekitar Rp500 ribu lebih karena pada musim tanam ini banyak yang butuh uang untuk modal tanam dan kemungkinan harga sapi bisa merangkak normal lagi sekitar bulan 4 atau 5 lagi.

"Paling tidak harga akan naik lagi kemungkinan pada sekitar bulan 4 atau 5 nanti," pungkasnya.

Dari pantauan blokTuban.com di pasar hewan Desa Margomulyo saat ini lebih didominasi para penjual yang menunggu sapinya laku dibandingkan dengan pembeli.[hud/ito]