Jadwal Teater Tabrakan, Ini Jawaban Disparbudpora

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jadwal penggunaan gedung Budaya Loka, di Jalan Basuki Rahmat, Kabupaten Tuban hari ini berbenturan antara ujian perangkat desa dari Kecamatan Merakurak dengan pementasan teater dalam rangka Tuban Art Festival (TAF) 2017.

Jadwal pementasan perdana beberapa komunitas teater pada Senin dan Selasa (11-12/12/2017) hari ini harus gagal. Karena gedung tersebut juga akan dipergunakan tes perangkat desa di hari yang sama.

"Pemakaian tanggal itu pun yang menyarankan dinasnya sendiri. Awal pengajuan November kita ditolak dan diminta mundur sampai bulan Desember dengan tanggal yang sudah ditetapkan," terang Aris, salah satu seniman teater di Tuban.

Baca juga [Gedung Pementasan Teater Mendadak Dipakai Tes Perangkat Desa]

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sulistyadi, beralasan pementasan teater di TAF 2017 tidak gagal.

"Tidak gagal Mas," kata Didit, sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan persoalan di Budaya Loka adalah permasalahan teknis. Karena gedung tersebut dibuat tes perangkat desa, maka harus disterilkan tempatnya.

"Sehingga pentas seni disepakati pagi ini di pantai boom dan alhamdulillah sukses pelaksanaannya," tandasnya.

Didit tidak menjawab lebih jelas, ketika wartawan media ini menanyakan mengenai anjuran dari Disparbudpora untuk menggelar acara teater di tanggal 10-20 Desember 2017 di Budaya Loka. [pur/rom]