Nilai Tertinggi Perangkat Sama, Ada Ujian Tambahan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ujian pengangkatan perangkat desa di Kabupaten Tuban tinggal menunggu hitungan jam. Para calon akan berjuang mendapatkan nilai maksimal agar lolos menjadi perangkat desa, Selasa (12/12/2017) besok.

Dalam seleksi perangkat desa tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran penguman kelulusan dilaksanakan satu hari itu juga. Sedangkan ujian tulis maupun praktek dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

"Setelah semua lembar jawaban dikoreksi dan diberikan nilai setiap mata ujiannya, tim pengangkatan perangkat desa memasukkan nilai tersebut pada lembar pengumuman untuk diumumkan pada saat itu," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana di dalam buku panduan pengangkatan perangkat desa.

Lebih lanjut diungkapkan Sekda, nilai akhir untuk calon Sekretaris Desa adalah penjumlahan hasil nilai ujian tulis dan nilai ujian praktek operasional komputer.

Kemudian bagaimana jika ada nilai calon perangkat desa yang sama?

Menurut Sekda, bagi calon perangakat desa yang memiliki nilai sama akan dilakukan ujian tambahan. Mereka akan diberi ujian tambahan berupa ujian praktek operasional komputer.

"Bagi calon perangkat desa yang memperoleh nilai tertinggi sama, maka untuk penentuan ranking akan diberi ujian tambahan berupa ujian praktek operasional komputer," pungkas Sekda. [rof/ito]