Tanggap Siaga Banjir, Puluhan Anggota Polres Tuban Latihan SAR

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puluhan petugas kepolisian Satuan Sabhara Polres Tuban melakukan pelatihan Search And Rescue (SAR) laut di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu (10/12/2017).

Kegiatan SAR ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi bencana banjir, terlebih pada kali ini adalah musim hujan.

Kasat Sabhara Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Koesmindar, mengatakan petugas Sat Sabhara harus memiliki bekal dalam pencarian korban yang hanyut di sungai.

Sebab, seperti diketahui bersama saat musim hujan tiba tentu sangat rawan terjadinya korban tenggelam. Seperti di Bengawan Solo yang berada di Kecamatan Widang ataupun di beberapa sungai lainnya.

"Kegiatan SAR laut ini untuk melatih fisik dari pada anggota Sabhara dalam melakukan pertolongan terhadap korban banjir. Anggota yang ikut 50 orang," ujar Koes, sapaan Kasat Sabhara.

Koes melanjutkan, dengan adanya kegiatan SAR ini maka anggota diharapkan bisa mengambil nilai atau poin dalam setiap materi, agar bisa diterapkan manakala hal yang tidak diinginkan itu terjadi.

"Ini untuk melatih kekuatan anggota saat berada di air, semoga bisa bermanfaat," pungkasnya.[nok/col]