Industri Mebel dan Kerajinan Kurangi Pengangguran

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kepala Desa (Kades) Ngrojo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban melihat usaha mebel dan pengrajin kayu di wilayahnya berpeluang untuk dibesarkan. Statement ini muncul setelah adanya pertemuan dengan Tim Program Inovasi Desa (TPID) kecamatan Bangilan dengan pihak desa.

Menurut Kepala Desa Ngrojo, Noeroel Hoeda, potensi kayu di wilayah Bangilan cukup melimpah. Namun pemanfaatannya belum begitu maksimal. Maka, perlu adanya penanganan serius terkait itu.

"Contohnya, kayu jati di Bangilan kualitasnya cukup bagus. Bila itu dijadikan bahan ukiran maka akan bernilai jual tinggi," ungkapnya.

Kepala desa yang sudah lama menjalankan usaha mebel itu mengaku ingin mengembangkan dunia industri mebel dan kerajinan di kecamatan Bangilan bagi kaum muda. Dengan begitu, angka pengangguran dapat berkurang.

"Memang saat ini yang perlu ditangani bersama terkait permodalan. Maka perlu adanya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama antar desa," tambah Hoeda.

Ketua TPID Kecamatan Bangilan, Harun Alrosyid ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan, pihaknya bersama tim akan mengkaji pemikiran Kades Ngrojo tersebut. Setelah dikaji, diharapkan muncul formula yang mampu mewujudkan gagasan kepala desa terkait industri mebel dan kerajinan itu.

"Memang usaha yang paling tepat untuk mequjudkan itu, adanya sindikasi antar desa untuk membentuk BUMDes bersama," tandas Harun. [rof/ito]