Hama Uret Serang Tanaman Jagung

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini membuat resah sejumlah petani di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Pasalnya, tanaman jagung para petani mulai diserang hama yang cukup mengkhawatirkan bagi kelangsungan tanaman. Bahkan, dikhawatirkan bisa berdampak pada gagal panen.

"Ini tanaman jagung mulai diserang hama," kata Sugeng petani setempat kepada blokTuban.com, Jumat (8/12/2017).

Menurut Sugeng, jenis hama yang mulai menyerang adalah hama Uret, yang hidupnya berada di dalam tanah. Hama Uret sendiri dalam merugikan petani karena menggerogoti akar pada tanaman jagung, sehingga bisa mempengaruhi keberlangsungan tanaman Jagung.

Baik batang maupun daun pada jagung mulai tampak layu karena diserang hama. Bahkan, hama juga mempengaruh isi dari biji tongkol jagung.

"Hama ini berpengaruh pada keberlangsungan tanaman jagung. Ini hasil biji tongkol jagung juga tidak penuh seperti biasanya," jelas Sugeng.

Sementara itu, petani lain juga menyatakan hal sama. Bahwa di musim hujan ini banyak sekali hama yang mulai menyerang tanaman jagung. Salah satunya hama Uret.

"Sekarang hama Uret yang menyerang tanaman jagung, akibatnya tanaman jagung tidak menghasilkan biji tongkol maksimal," ungkap Tasiman.[nok/lis]