Optimalkan Wisata Perdesaan, Sidomulyo Bentuk Pokdarwis

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Guna mendukung program pembangunan wisata perdesaan, Pemerintah Desa Sidomulyo membutuhkan dukungan yang melibatkan peran masyarakat berbasis kelompok. Untuk itu, dalam penangan program agrowisata Pemdes membentuk kelompok sadar wisata atau Pokdarwis.

Ketua Karang Taruna sekaligus anggota Pokdarwis Desa Sidomulyo, Eko Wahyudi Utomo menyebutkan, di desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kenduruan itu memiliki potensi agrowisata petik buah, wisata alam gunung purung, dan wisata air hangat. Dengan adanya Pokdarwis yang baru saja terbentuk tersebut diharapkan masyarakat memahami makna dari Sadar Wisata dalam pembangunan kepariwisataan di desa.

"Untuk mendukung optimalisasi desa wisata dibentuklah Pokdarwis Argo Purung Lestari pada 31 Oktober 2017 yang lalu," ujar Yudi, Senin (4/12/2017).

Sambil berjalan, menurut Yudi, akan terealisasi di bulan Desember ini penanaman buah serta beberapa tanaman hijau di sepanjang jalan menuju lokasi. Sementara untuk wisata gunungnya akan dipoles sesuai dana yang dikucurkan oleh pemerintah desa setempat.

Ia mencontohkan, di beberapa titik yang semula semak belukar akan disulap menjadi pemandangan sederhana tapi bernilai jual tinggi. Owner salah satu perusahaan telekomunikasi itu menegaskan, pengelola akan mengutamakan keamanan dan kenyamanan agar pengunjung dapat menikmati pemandangan pedesaan tersebut.

"Kita mencoba membangun secara sederhana dulu, mengingat dari segi pendanaan yang bertahap. Sebagai contohnya gunung kajar, tapi kita mencoba mengemas lebih menarik, dan yang paling mendasar kita kedepankan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dulu," pungkas Yudi menandaskan. [rof/col]