Cuaca Buruk, Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Turun Drastis

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tampak berkurang selama sepekan terakhir ini.

Berkurangnya hasil yang didapat nelayan tersebut berpengaruh pada penghasilan sehari-hari. Hal itu dikarenakan cuaca buruk yang terus terjadi selama seminggu terakhir.

Menurut nelayan setempat, Narto, memang pendapatan ikan yang didapat nelayan akhir-akhir ini jauh berkurang jika dibandingkan dengan hari biasanya.

Menurut dia, cuaca buruk berupa gelombang besar dan angin kencang yang terjadi ditengah laut menjadi faktor atas berkurangnya hasil tangkapan ikan yang didapat para nelayan.

"Benar, cuaca buruk menyebabkan tangkapan ikan sedikit. Jauh dari sebelumnya," ujar Narto usai menepikan perahu, Minggu (3/12/2017)

Dia menjelaskan, jika pada hari biasa pendapatan ikan bisa mencapai 1 kuintal, maka pada cuaca buruk kali ini nelayan hanya mendapat 30 kilogram saja.

"Ya jauh berkurang hasil ikan yang didapat. Sampai 50 persen berkurangnya," beber Narto.

Hal sama juga diungkapkan nelayan lain, Sarip. Dia menjelaskan, tangkapan ikan berkurang drastis dibandingkan dengan sebelumnya. Saat cuaca baik nelayan biasa mendapatkan 1 sampai 2 kuintal, tapi sekarang paling banyak dapat 50 kilogram saja.

"Sekarang paling banyak 50 kilogram, jauh berkurang dibandingkan sebelumnya. Faktornya cuaca buruk ditengah laut," pungkasnya.[nok/ito]