Relawan Bencana Tuban Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca pengurus Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Bencana Kabupaten Tuban di bentuk, Jumat (1/12/2017) pagi di Lapangan Perum Tasikmadu II, Kacamatan Palang kemarin, Ketua Relawan Bencana Tuban, Aipda Didik Utomo, mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai cuaca ekstrim di wilayah Kabupaten Tuban.

Dalam himbauanya, ia mengatakan agar masyarakat melakukan pengeprasan atau pemotongan pohon, yang sekiranya pohon tersebut membahayakan apabila angin puting beliung datang.

"Terkait puting beliung, saya mengimbau agar warga masyarakat yang memiliki pohon yang sekiranya membahayakan,  agar dikepras atau dipotong dan hendaknya jangan berparkir di bawah pohon besar,"  kata Didik.

Selain itu himbauan bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai utara agar selalau mewaspadai adanya gelombang tinggi, dan bagi masyarakat yang berada di kawasan pegunungan agar mewaspadai tanah longsor, mengingat saat ini hutan semakin gundul.

"Mengingat intensitas hujan yang masih tinggi, masyarakat yang berada dikawasan dataran tinggi agar selalu mewaspadai tanah longsor," jelas Didik.

Serta waspada bencana banjir bagi masyarakat yang berada di dekat sungai-sungai besar seperti bengawan solo, dan Kali Kening.[hud/ito]