Rekrutmen PPL Pilgub Tunggu Juknis dari Bawaslu Jatim

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hingga kini rekrutmen Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) di Kabupaten Tuban belum juga dibuka. Hal itu terjadi lantaran panitia pengawas pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tuban masih menunggu juknis dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim.

"Untuk rekruitmen PPL masih belum, menunggu instruksi dari Bawaslu Jatim" ungkap ketua Panwaskab Tuban, Masrukhin, Sabtu (2/12/12017).

Ketika dikonfirmasi blokTuban.com pihaknya mengaku, sampai saat ini kegiatannya masih sebatas pengawasan tahapan pendaftaran parpol. Kendati begitu, pihaknya berpesan bagi masyarakat yang memiliki kompeten di bidang pengawasan Pemilu untuk mempersiapkan diri menghadapi rekrutmen PPL nantinya.

"Untuk teknisnya kami masih menunggu dari Bawaslu Jatim, apakah nanti dilaksanakan persis seperti rekruitmen panwascam atau gimana, kami masih menunggu petunjuk teknisnya," pungkas Masrukhin menandaskan.

Diketahui, PPL sendiri merupakan sumber daya manusia (SDM) yang digadang-gadang menjadi ujung tombak pengawasan dan sekaligus penentu kualitas pilkada yang dimulai dari tingkat desa atau kelurahan yang ada di Tuban. PPL di setiap desa atau kelurahan bervariasi tergantung jumlah pemilih atau sebaran tempat pemungutan suara (TPS). [rof/ito]