100 PPK Tuban Jalani Bimtek, Apa Tujuannya?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 100 panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kabupaten Tuban mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) tahun 2018 di Green Garden Hotel, Tuban, Selasa (28/11/2017). Mereka diberi pembekalan agar siap seratus persen dalam menjalankan berbagai tahapan yang telah diatur oleh peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan, tujuan adanya bimbingan ini, agar anggota PPK memahami aturan main sebagai penyelenggara proses demokrasi sesuai regulasi. Sebab, sudah menjadi kewajiban mutlak, anggota PPK harus paham terkait aturan-aturan yang menjadi landasan mereka bekerja.

“Tujuan Bimtek ini, untuk memberikan pemahaman kepada PPK terkait tahapan penyelenggara Pemilihan Gubernur dan wakilnya di tahun 2018 mendatang,” kata Kasmuri saat dikonfirmasi blokTuban.com usai pembukaan.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, Bimtek yang berlangsung satu hari di hotel yang berada di Ronggomolyo, Jalan Doktor Sutomo No.47, Kingking, Kecamatan/Kabupaten Tuban itu diikuti masing-masing kecamatan lima orang anggota PPK. Sedangkan materi yang diberikan terdiri dari, tahapan pilkada serentak, sosialisasi dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada, pemutakhiran data pemilih, anggaran Pilkada 2018, dan pidana pemilu dan sengketa pilkada.

“Harapannya setelah Bimtek ini, anggota PPK siap menyelenggarakan semua tahapan sesuai PKPU No.1 tahun 2017 tentang jadwal dan tahapan Pilkada Jatim,” pinta Kasmuri.

Sementara itu, satu di antara 100 anggota PPK Kabupaten Tuban, Moh arif Rosyidin mengklaim kegiatan Bimtek ini sebagai ajang penggemblengan penyelenggara Pilkada Jatim agar Profesional. Lantaran di dalam kegiatan tersebut, ia akan ditempa dengan pengetahuan-pengetahuan menjalankan roda demokrasi yang sesuai azas pemilu.

“kegiatan ini bagi kami sangat penting, agar kita menjadi PPK yang professional. Sebab, selain untuk diri kita sendiri, kita juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan bimtek ke PPS di masing-masing kecamatan,” ulas PPK asal Kecamatan Bangilan itu. [rof/ito]