KTNA Serap Aspirasi Melalui Rembug Tingkat Kecamatan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingakat kecamatan menggelar Rembug KTNA di UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan (UPTD-PKP) Kecamatan Bangilan, Senin (27/11/2017). Acara yang berlangsung satu hari itu dihadiri kelompok tani (poktan), Gapoktan, pengurus KTNA lama, Camat, Danramil, UPTD Pertanian beserta penyuluh, dan pengurus KTNA dari Tuban.

"Kegiatan hari ini agendanya rembug KTNA serta Reorganisasi pengurus tingkat kecamatan," terang kepala UPTD - PKP Kecamatan Bangilan, Widiarto kepada blokTuban.com, Senin (27/11/2017).

Sementara itu, ketu KTNA Kabupaten Tuban, Ali Imron kepada wartawan media ini menjelaskan kegiatan rembug ini sebagai ajang konsolidasi organisai KTNA di tingkat kecamatan. Setelah masa kepengurusan yang lama habis masa baktinya, maka harus ada reorganisasi, biar sustanibelitas program pertanian tetep berjalan.

Selain itu, lanjut Imron, rembug KTNA di masing-masing kecamatan dalam arangka capicity building (membangun kapasitas) kelembagaan mulai dari poktan gapoktan, dan pengurus KTNA. Dengan tujuan, membangun sinergi antara penyuluh Poktan, Gapoktan dan KTNA dalam upaya peningkatan pendapatan petani, melalui ketersediaan bibit benih pupuk dan alsintan.

"Setelah menyerap aspirasi dan usulan dari seluruh kecamatan hasilnya dibawa pada forum rembuk di tingkat kabupaten," jelas ketua terpilih KTNA Kabupaten Tuban periode 2017-2022 itu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, dalam satu hari ini terdapat empat kegiatan rembug KTNA di tingkat kecamatan. Rembug KTNA tersebut di antaranya di Kecamatan Bangilan, Jatirogo, Bancar, dan Tambakboyo.[rof/ito]