Sekolah Jurnalistik dan Literasi Digital

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sekolah jurnalistik yang digelar Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) bekerjasama dengan komunitas wartawan Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS) juga bertujuan menumbuhkan literasi digital di kalangan pelajar.

"Karena generasi sekarang lebih dekat dengan gadget, jadi literasi digital juga penting untuk pelajar," kata Ketua RPS, Khoirul Huda, Rabu (22/11/2017).

Jurnalistik mengajarkan siswa agar taat verifikasi setiap informasi yang masuk. Dengan begitu mereka akan terbiasa memilih dan tahu mana berita-berita yang mengandung hoax.

"Jangan sampai generasi kita menerima hoax (berita palsu) dan menganggap itu adalah berita yang benar-benar ada," jelas Huda.

Ketua Panitia, Suwandi menjelaskan, sekolah jurnalistik berisi beberapa materi yang biasa dipergunakan para jurnalis setiap bekerja. Diantaranya dasar jurnalistik, reportase dan wawancara yang dipergunakan untuk menguji setiap informasi, dan juga pengolahan informasi menjadi berita seperti menulis berita, fotografi dan videografi.

"Agar maksimal kita buat dua hari, semuanya berupa teori dan praktek," kata Suwandi. [pur/rom]