Jangan Lakukan Ini jika Pasangan Sedang Bersedih

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Terkadang kita bingung untuk berkata-kata saat kekasih hati kita mengalami masa-masa sulit.

Walau hadiah atau makanan bisa menunjukan rasa empati, namun dalam hal pembicaraan, ada hal-hal yang sebaiknya tidak dikatakan pada seseorang yang sedang bersedih, apalagi bila yang bersangkutan memang tidak ingin bicara.

Menurut Dr. Jane Grees, pakar percintaan dari New York, memaksa seseorang untuk menceritakan permasalahannya dengan mengatakan hal seperti 'ayo, ceritakanlah padaku', terutama saat si dia sedang tidak ingin berbicara hanya akan membuatnya kondisinya makin buruk.

"Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi tekanan emosional. Beberapa orang mungkin memilih untuk diam agar tidak tampak rapuh di depan pasangannya," papar Dr. Jane Grees.

Hal ini bisa terjadi karena ada perasaan tidak aman dengan apa yang mereka alami dan belum siap untuk menghadapinya. Beberapa orang juga cenderung berusaha mengatasi kesedihan dengan caranya sendiri, misalnya dengan berjalan-jalan atau berolahraga.

Karenanya kalimat seperti "Saya benar-benar ingin tahu apa masalahmu" atau "Ceritakanlah, mungkin saya bisa membantu," adalah pilihan yang tidak tepat dalam situasi tersebut, walau tidak ada niatan buruk saat menyampaikannya.

Intinya, memaksa pasangan Anda untuk curhat saat mereka tidak ingin, justru membuat rasa empati Anda nampak buruk di matanya. Hal terbaik adalah mendampingi dan menunjukkan bahwa Anda selalu ada di sampingnya, kadang tanoa perlu berkata-kata.

 

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/20/135718520/
jangan-lakukan-ini-jika-pasangan-sedang-bersedih