Hingga Akhir Tahun Dipastikan Stok Darah di PMI Tuban Aman

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban, memastikan hingga akhir tahun 2017 nanti stok darah di PMI Tuban Aman.

Hal itu diungkapkan oleh Agus Hardjunadi, Kasubid Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Tuban, menurutnya selain dibulan puasa pada minggu ketiga dan keempat stok darah di PMI Tuban selalu aman oleh karena itu dapat dipastikan hingga akhir tahun 2017 nanti stok darah dipastikan aman.

“Saat ini stok darah ada 466 kantong, dan dipastikann pada akhir tahun nanti stok darah di PMI Tuban aman,” kata Agus Hardjunadi, Selasa (21/11/2017).

Agus menjelaskan dari 466 kantong darah tersebut terdiri dari, golongan darah A sebanyak 95 kantong, golongan darah AB 36 kantong, golongan darah B 169 kantong dan golongan darag O sebanyak 165 kantong.

Masih kata Agus, menurutnya dibulan ini saja ada beberapa kali kegiatan donor darah diantaranya donor darah Pegawai Negri Sipil (PNS) dalam rangka Hari Jadi Tuban ke-724, Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017 dan beberapa ivent lainya. Tentunya itu juga mendorong meningkatnya stok kantong darah di PMI Tuban.

“Di Tuban regulasinya saya atur, jadi antara pengeluaran darah dan pemasukanya seimbang dan berbanding lurus,” tambah Agus.[hud/ito]