Akhir Tahun, Pendamping Desa Sibuk Fasilitasi Desa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di akhir tahun anggaran 2017, Pendamping Desa P3MD di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban sibuk mendampingi desa berkaitan teknik fasilitasi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kegiatan yang melibatkan Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) tersebut diharapkan bisa membantu desa dalam rangka penggunaan dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

"Kita masih punya waktu dua bulan di tahun anggaran 2017 ini, harapannya desa mampu membuat laporan akhir tahun penggunaan dana desa sesuai regulasi," ujar PDTI Bangilan, Dwi Joko kepada blokTuban.com, Selasa (21/11/2017).

Di samping menyempurnakan pelaporan, pihaknya juga memfasilitasi terkait perencanaan penggunaan dana desa tahun anggaran 2018. Tentunya, kegiatan tersebut harus sesuai sekala prioritas yang diusulkan warga.

Senada juga dilontarkan PDP Bangilan, Fuad. Pada kegiatan fasilitasi ini, pihaknya berharap desa mulai memaksimalkan dana desa untuk pemberdayaan di tahun anggaran yang akan datang. Terutama sesuai empat prioritas penggunaan dana desa yang didengungkan pemerintah.

"Melalui Dana Desa 2018, kita harapkan desa tidak segan mengalokasikan ke pemberdayaan lebih dari tahun ini," imbuh Pendamping Desa asal Rengel itu.

Diketahui empat program prioritas dana desa dari pemerintah di antaranya, BUMDes, Satu desa satu produk, embung, dan sarana opahraga desa. [rof/col]