Puluhan Pendekar PSHT Sumberejo Bersihkan Sungai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Sekitar 90 pendekar Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Sumberejo, Ranting Merakurak mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di sungai sepanjang satu kilometer desa setempat, Minggu (19/11/2017).

Kegiatan membersihkan sungai swepanjang satu kilometer tersebut dilakukan oleh pendekar PSHT Rayon Sumberejo bersamaan dengan moment pengambilan sabuk jambon dan polos untuk para siswanya.

Menurut Ketua Rayon Sumberejo Susanto, kegiatan para pendekar PSHT Rayon Sumberejo ini diselenggarakan bersamaan dengan pengambilan sabuk. Karena melihat kondisi sungai yang sering banjir karena tersumbat sampah sehingga dilakukan kegiatan seperti ini.

“Dimusim penghujan biasanya sungai ini airnya meluber karena tersumbat sampah, sehingga kita bersihkan sepanjang satu kilometer,” ujar Susanto kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan oleh PSHT Rayon Sumberejo bertujuan untuk mendidik karakter siswa, menumbuhkan rasa tanggung jawab, tahu betapa pentingnya kebersihan lingkungan serta tahu bahwa inilah PSHT yang memberikan manfaat bagi lingkungan.

“Jadi selain PSHT ini mendidik siswanya untuk bisa silat, dengan adanya kegiatan ini juga akan menumbuhkan jiwa sosial siswa PSHT dilingkungan,” tambah Susanto.

Susanto berharap, kegiatan yang baru dilaksanakan pertama kalinya oleh PSHT Rayon Sumberejo ini kedepan bisa menjadi agenda tahunan dan terus berkelanjutan.[hud/ito]