Pentingnya Etika Politik di Mata Panwas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemilahan Umum (Pemilu) maupun Pemilukada dibutuhkan adanya etika politik. Sebab pemilu atau pemilukada bukan sekadar ruang untuk memuaskan syahwat terpilihnya seorang politisi untuk menduduki lembaga politik.

Sehingga, panitia pengawas pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tuban mengklaim, etika politik merupakan sarana yang mampu menciptakan suasana harmonis antar pelaku dan antar kekuatan sosial politik serta antar kelompok kepentingan lainnya. Tujuannya, untuk mencapai sebesar-besarnya kemajuan bangsa dan negara dengan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi dan golongan.

"Etika politik mengandung misi kepada siapa saja untuk bersikap jujur amanah, sportif, objektif dalam menilai dinamika dan proses demokrasi," ujar ketua Panwaskab Tuban, Masrukhin.

Dijelaskan Masrukhin, etika ini diwujudkan dalam bentuk sikap pemikiran tulisan yang bertatakrama dalam perilaku politik yang toleran, jauh dari sikap mendiskreditkan dan pembunuhan karakter orang lain. Selain itu, etika politik menurut dia, juga mengandung pesan tidak melakukan kebohongan di hadapan publik, tidak manipulatif dan berbagai tindakan yang tidak terpuji.

"Etika politik harus menjadi pedoman utama dengan manifestasi politik santun cerdas dan menempatkan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi kelompok dan golongan," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]

*Gambar ilustrasi.net