Kesbangpol Tuban Bahas Etika Berpolitik Melalui FGD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kantor Kesatuang Bangsa, dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar diskusi publik isu aktual melalui Forum Group Discussion (FGD) bersama unsur Ormas dan OKP. Kegiatan dengan tema 'Membangun Etika Berpolitik Sebagai Perekat Keanekaragaman Kultur Atau Budaya' di Bumi Wali ini berlangsung satu hari, di salah satu hotel di Tuban, Selasa (14/11/2017).

Pantauan blokTuban.com, kegiatan ini turut dihadiri LSM, Mahasiswa, Karang Taruna, Forkopimda, aparatur Pemkab dan Mahasiswa se-Kabupaten Tuban.

Kepala kantor Kesbangpol Tuban, Hari Sunarno menuturkan, kegiatan FGD ini digelar dalam rangka menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2018 maupun 2019. Dengan harapan, semua pihak bisa berpartisipasi aktif di setiap tahapan.

"Tahapan Pemilukada Jawa Timur kan sudah berlangsung sejak Oktober lalu, untuk itu semua pihak diharapkan bisa berpartisipasi aktif dengan menggunakan etika politik yang merekatkan, bukan memecah belah," ungkap Hari mengawali sambutan di acara FGD tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, tidak kurang dari 100 peserta yang memiliki latar belakang berbeda hadir mengikuti FGD ini. Hari juga mengkalim, dengan dilakukannya FGD, tahapan Pemilu ke depan bisa menjadi sarana konsolidasi demokrasi yang lebih baik.

"Pemilukada maupun Pemilu Legislatif yang akan datang kita diarahkan menuju konsolidasi demokrasi yang lebih baik. Sehingga jika pemilu sebelumnya sudah terlaksana dengan baik, maka pesta demokrasi yang akan datang menjadi lebik baik dengan tingkat partisipasi aktif masyarakat," pungkasnya. [rof/rom]