Lesbumi Apresiasi Santri di Laga Sarung Soccer 2017

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ketua pengurus cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdlatul Ulama (PC Lesbumi NU) Tuban, Moh Zainudin, menghargai setinggi-tingginya peran santri bumi wali yang telah mengikuti turnamen Sarung Soccer 2017. Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada kiai pondok pesantren dan kepala madrasah yang terlibat dalam memeriahkan hari santri tahun ini.

Zainudin menyebut, suksesnya acara sarung soccer yang dihelat oleh PC Lesbumi NU Tuban tidak lepas dari peran dan usaha para santri, pelajar madrasah, pembina serta kiai. Dengan begitu, budaya santri yang telah mengakar di bumi ini tidak luntur digerus perkembangan zaman.

"Kegiatan ini juga berkat semangat para santri dan ridho kiai, sehingga momen hari santri bisa terabadikan dengan kegiatan semeriah sarung soccer," terang Zainuddin kepada blokTuban.com usai kegiatan, Minggu (12/11/2017).

Di sisi lain, Jay begitu ia disapa, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik panitia penyelenggara, donatur, dan stakeholder Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban. Sebab mereka telah mendukung secara langsung maupun tidak langsung untuk terselenggaranya ajang bergengsi yang baru pertama terlaksana itu.

Di dalam kegiatan sarung soccer ini, lanjut Jay, mengandung tiga unsur nilai yang tersirat. Diantaranya Olahraga, Agama, dan Budaya. Sebab, sepak bola dengan menggunakan sarung atau sarung soccer ini, merupakan budaya santri ketika mondok dalam kegiatan olahraga.

"Harapan kami, kegiatan sarung soccer ini bisa mewakili santri lawas (lama) untuk mengobati rindunya akan kebudayaan sepak bola waktu di pondok," tukas pria asal Bangilan itu.

Masih kata Jay, tujuan digelarnya sarung soccer ini selain olahraga juga dapat menyambung silaturahmi antar pondok pesantren, madrasah, santri, pelajar, dan kiai. Sebab, kesempatan ini jarang ditemukan, bahkan bisa dikatakan merupakan kegiatan langaka nan unik.

"Semoga bisa mewadahi silaturahmi kaum santri di Tuban," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, pada rangkaian Hari Santri Nasional, PC Lesbumi NU Tuban menggulirkan kompetisi Sarung Soccer Tuban 2017 yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Gedung Olahraga (GOR) Tuban. Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, kegiatan pamungkas dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional tersebut diikuti oleh 20 tim yang terdiri dari santri Pondok Pesantren (Ponpes) dan Madrasah se-Kabupaten Tuban. [rof/rom]