Waspada... Hujan Lebat dan Angin Kencang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Masyarakat yang mempunyai rencana beraktivitas di luar rumah selama akhir pekan perlu waspada. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Informasi yang diterima blokTuban.com, potensi hujan lebat akan melanda wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan.

Kemudian juga akan terjadi di Banten, sebagian Jakarta dan Jawa Barat, Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta, Jawa Timur bagian barat dan selatan, dan sebagian Bali.

Serta Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Papua.

"Kita meminta masyarakat termasuk di Tuban agar waspada," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, ketika menyampaikan informasi ini, Jumat (10/11/2017).

Selain hujan lebat juga ada ancaman gelombang tinggi di lautan dari 1,25 sampai 2,5 meter. Diperkirakan terjadi di Perairan Barat Kep. Nias, Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu–Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga pulau Sumbawa, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas Bagian Selatan, dan beberapa wilayah yang lain.

"Masyarakat diminta waspada dengan dampak lain seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," kata Joko. [pur/rom]