Atasi Kurhala, Polisi Bersama Perhutani Rutin Patroli

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Belum lama ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyatakan persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhula) bukan sekedar mematikan api pada daerah yang terbakar. Oleh karena itu, Siti berpesan kepada semua elemen untuk terus menerus rajin dalam bekerja dan mengikuti tentang apa yang terjadi dilapangan serta diharapkan lebih sensitif lagi.

Menyikapi hal itu, Kepolisian Sektor Bangilan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan, pihaknya melakukan kegiatan bersama petugas KPH Jatirogo, BKPH Bahoro patroli rutin ke dalam hutan tanaman perhutani di sekitar wilayah hukumnya.

Upaya pengendalian termasuk pemantauan di darat dengan memonitor titik panas dan mendeteksi sedini mungkin bahaya kebakaran lahan.

"Seperti siang ini, anggota dari polsek AIPTU Suharto bersama petugas perhutani patroli ke wilayah BKPH Bahoro dalam program Karhula," terang Kapolsek Bangilan, IPTU Suryanto kepada blokTuban.com, Kamis (9/11/2017).

Selain Karhula, yang menjadi atensi petugas hukum, lanjut Perwira Polri itu, adanya ancaman pembalakan liar. Untuk itu, pihaknya memprogramkan patroli bersama perhutani demi kelestarian hutan.

"Patroli antisipasi pembalakan liar dan kebakaran hutan ini supaya hutan tetap terjaga kelestariannya," pungkas Kapolsek menandaskan. [rof/ito]