Verifikasi Faktual Parpol, KPUD Banyak Temukan Anggota Ganda

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban telah melakukan tahapan verifikasi faktual, bagi parpol pendaftar pemilu 2019, Selasa (7/11/2017).

Sebanyak enam belas parpol yang telah menyelesaikan berkas pendaftaran, kini telah dicek daftar keanggotaan partai berdasar data sistem informasi partai politik (sipol) di KPU.

Enam belas parpol diantaranya Perindo, Nasdem, PDI-P, Hanura, PSI, Berkarya, Gerindra, PKS, Golkar, PAN, Demokrat, Garuda, PPP, PKPI, PKB, PBB, dan Partai Idaman (tidak lengkap).

Divisi Hukum KPUD Kabupaten Tuban, Fatkul Hakim mengatakan, saat ini KPUD telah melakukan pendataan dukungan parpol. Semua parpol yang telah mendaftar kini dicek nama keanggotaannya berdasarkan data Sipol.

"Kita lakukan pengecekan data, dan kita temukan nama anggota ganda," ujar Fatkul kepada blokTuban.com

Lanjut Fatkul menjelaskan, data temuan nama anggota ganda diketahui terjadi pada beberapa partai politik. Bahkan dia menyebut, hampir seluruh parpol memiliki dukungan anggota ganda.

"Banyak temuan dukungan ganda, ini saja belum berakhir dan akan kita lanjutkan besok," pungkasnya.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, data anggota ganda yang terdapat pada 1 parpol akan dihitung 1 anggota. Sedangkan data ganda yang terdapat di partai yang berbeda maka akan diminta verifikasi faktual dan memenuhi dukungan anggota yang kurang. [nok/rom]