Berikut Bocoran Materi yang Akan Diujikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ujian tulis perangkat desa akan dilaksanakan pada 5 Desember 2017 mendatang. Tes dilaksanakan oleh tim pengangkatan yang dikoordinir dan diarahkan oleh tim pengawas secara serentak di halaman Kantor Kecamatan setempat. Ataupun, bisa dilakukan di tempat lain yang disepakati bersama dan diikuti oleh seluruh peserta dari desa-desa di wilayah kecamatan.

"Ada lima bidang materi yang akan diujikan," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana melalui buku panduan pengangkatan perangkat desa tahun 2017.

Materi ujian tulis, jelas Sekda, meliputi Pengetahuan Pemerintahan, Agama, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan komputer. Khusus untuk lowongan jabatan Sekretaris Desa, disamping ujian tulis ditambah dengan ujian praktek operasional komputer yang dilaksanakan setelah ujian tulis pada hari itu juga.

Diketahui, pihak Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menyatakan, tidak akan menggunakan pihak ketiga dalam pembuatan soal tes perangkat desa.

Dinas terkait juga menegaskan, bahwa pembuatan soal ujian tes tulis akan dilakukan mendekati pelaksanaan tes perangkat yaitu 5 Desember 2017. Sementara soal tes tulis perangkat desa akan dibuat menjelang pelaksanaan ujian tepatnya H-3.

Jadi kalau tes tulis dilaksanakan pada 5 Desember, maka soal akan dibuat pada 2 Desember. Itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, dengan rentan waktu yang amat pendek.

"2 Desember soal baru akan dibuat oleh tim Pemkab, 5 Desember baru dikerjakan peserta," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tuban, Mahmudi kepada blokTuban.com. [rof/rom]

*Foto ilustrasi ujian