Tiga Program Brilian Bank Sampah Weden

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berangkat dari keprihatinan, kini Bank Sampah 'Gotong Royong' di Desa Weden, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban memiliki tiga program unggulan. Gerakan baru masyarakat tersebut, lahir lantaran prihatin adanya pembuangan sampah di sungai.

Ketua kelompok bank sampah 'Gotong Royong', Masmutik menjelaskan, awal mula gagasan bank sampah sudah muncul dan disosialisasikan sejak tahun 2014. Kemudian, baru bisa terealisasi tahun 2016.

"Alhamdulillah kini sudah ada tiga program prioritas dari Bank Sampah yang kita kelola bersama," ujar Masmutik, Minggu (5/11/2017).

Dijelaskan Masmutik, tiga program prioritas itu terdiri dari Sedekah, Barter, dan Tabung. Kesemuanya itu diharapkan menjadi kegiatan pemberdayaan masyarakat sekaligus aksi mengurangi sampah.

Seorang warga yang juga aktivis bank sampah, Lilik Humaidah mengaku manfaatnya luar biasa. Saat ini, sampah di lingkungannya mulai berkurang. Sungai pun kembali pada fungsinya, yang sebelumnya menjadi tong sampah.

"Setelah ada bank sampah ini lingkungan cukup bersih dari sampah. Soalnya masyarakat mulai sadar," ucap wanita humanis itu.

Adanya bank sampah, menurut Lilik, dapat mendidik masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, hasil dari pengumpulan sampah bisa untuk tambahan penghasilan. [rof/rom]