Bukan Tempat Wisata, Lanjar Maibit Selalu Ramai Dikunjungi

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meski bukan tempat wisata, namun Sendang Maibit yang terletak dikaki perbukitan kapur Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban selalu ramai pengunjung, Minggu (29/10/2017).

Tempatnya yang teduh dikelilingi pohon besar, serta sumber air yang jernih dan segar, membuat orang yang datang kesana nyaman dan tenang.

Tak jarang, warga sekitar dan pengunjung nampak mengayunkan kail pancingnya ke kolam utama sumberan untuk memancing beberapa jenis ikan yang ada di sana.

Selain itu, tempat yang tersohor dengan kisah Putri Lanjar Maibit tersebut tak pernah sepi didatangi para Pramuka dari berbagai penjuru daerah, seperti Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Gresik, Kediri, dan masih banyak kota lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com, tempat yang terkenal dengan sebutan Bumi Perkemahan Lanjar Maibit itu belum tercatat sebagai lokasi wisata, namun tempat perkemahan.

"Lanjar Maibit adalah bumi perkemahan, belum ada kata resmi sebagai tempat wisata," ungkap Ahmad Murtafik, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Kendati demikian, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Maibit, Kecamatan Rengel juga akan berupaya meningkatkan potensi desa menjadi tempat wisata.

"Ke depannya, mungkin bisa diajukan atau ditindaklanjuti sebagai lokasi wisata," pungkasnya.

Terlepas, dari atas kolam utama sumberan Maibit, terdapat bangunan tinggi beranak tangga yang difungsikan sebagai outbond flyingfox. Pengunjung yang datang berkemah kadang juga memakai wahana tersebut yang dibuat oleh pengelola setempat. [feb/ito].