Semen Indonesia Hadir di Kampus Universitas Pattimura Ambon

Reporter:  Edy Purnomo

blokTuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan 6 (enam) BUMN yakni PT Adhi Karya, PT Periknus, PT Perindo, PT Jakarta Loyd, PT Abipraya dan PT KBN pada hari ini hadir di Kampus Universitas Pattimura Ambon sebagai bagian dari program Kementerian BUMN yaitu “BUMN Hadir di Kampus”.

 “BUMN Hadir di Kampus” digelar di Auditorium Unpatti Ambon ini dikemas dengan diskusi dan kuliah umum. Hadir dalam acara “BUMN Hadir di Kampus” Hambra Samal, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Tri Abdisatrijo, Direktur Enjiniring dan Proyek PT Semen Indonesia, serta Direktur Utama beberapa BUMN.

b

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal, mengatakan bahwa kegiatan BUMN Hadir di Kampus ini diselenggarakan serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional serta peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi  nasional.

Civitas akademika menjadi tujuan kegiatan karena para mahasiswa merupakan bagian penting dari generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, bangsa yang adil, makmur serta sejahtera.

c2

"Selain itu kami ingin para mahasiswa lebih mengenal BUMN, memahami peran, serta visi dan misi BUMN, kemudian menjadi bagian dari program-program BUMN ke depan," ujar Hambra Samal.

Banyak tantangan agar masyarakat Indonesia bisa maju dan berkembang serta menjadi 4 besar negara terkuat di dunia dari sisi ekonomi pada tahun 2040-2045. Tantangan tersebut meliputi: inequality development, ketahanan energi & pangan, infrastruktur & industri dasar, akses layanan keuangan serta Sumber Daya Manusia.

“Untuk itu para generasi muda kita inilah nantinya yang akan mengatasi permasalahan tersebut dan memastikan bahwa negara kita mampu menjadi salah satu negara besar,” ungkap Hambra.

d

Sementara itu Direktur Enjiniring dan Proyek Semen Indonesia Tri Abdisatrijo mengatakan, selain mengajar dan berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa, pada kegiatan ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Universitas Patimura menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dalam Kegiatan “BUMN Hadir di Kampus” ini, Semen Indonesia juga memberikan bantuan senilai Rp 150 juta, dan gabungan 6 BUMN memberikan bantuan senilai Rp 450 juta.  Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Universitas Pattimura. Selain itu gabungan 7 BUMN ini juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 siswa beprestasi, bantuan Laptop serta bantuan operasional kendaraan roda dua.

e


Lebih lanjut Tri Abdi mengatakan, dengan digelarnya kegiatan ini, Perusahaan BUMN dan perguruan tinggi senantiasa dapat melakukan kerjasama yang bersifat mutualisme. Peran positif dari perusahaan kepada perguruan tinggi, diharapkan dapat memberi dampak yang  positif juga dalam pengembangan keilmuan bagi mahasiswa.

Keterangan foto :
Foto 1. : Hambra Samal, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN , sedang memberikan kuliah umum mengenai perekonomian nasional dan perkembangan BUMN

Foto 2 : Dir Enjiniring & Proyek Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo, menyerahkan secara simbolis bantuan beasiswa dari BUMN kepada Rektor Unpatti, M.J. Saptenno

Foto 3 :Dir Enjiniring &Proyek Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo (no 2 dr kanan) menandatangi MOU kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kpd masyarakat serta peningkatan SDM

Foto 4,5 : mahasiswa Unpatti Ambon sedang mengikuti kuliah umum