Dekatkan Pelayanan, Disdukcapil Buka Layanan di Desa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka mendekatkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban hadir di Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan, Kamis (26/10/2017). Kedatangan mereka guna memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Adminduk Capil) bagi warga setempat.

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut surat edaran Bupati dalam hal pelayanan Adminduk Capil tahap dua," ujar Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bahri saat ditemui blokTuban.com di balai desa Ngrojo, Bangilan, Kamis (26/10/2017).

Pihaknya menjelaskan, pelayanan Adminduk Capil tahun 2017 ini sudah yang ke dua kalinya. Sebab, sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan yang sama di bulan Maret dan April.

Ditambahkan Bahri, yang dilayani petugas meliputi perekaman KTP-elektronik (e-KTP), KK, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pihaknya menjatah pada masing-masing layan 100 nomor antrean, kecuali perekaman.

"Jadi yang kita layani hari ini, 100 KK, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Sedangkan untuk perekaman bisa sebanyak-banyaknya tergantung jaringan pusat dan listriknya," imbuh Kasi Kelahiran dan Kematian di Disdukcapil Tuban itu.

Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan warga yang berdatangan akan terus membeludak. Pasalnya, kesempatan semacam ini tidak setiap hari.

Lantas bagaimana jika peserta melebihi antrean? Pihaknya mengklaim akan menambah pelayanan. Bahkan pihaknya akan menambah jam kerja petugas hingga malam hari.

"Bisa aja lebih dari seratus yang datang. Kalau masih ada yang lain kita tambah antrian dan waktu bisa saja samapai malam. Dan yang pasti kita menyesuaikan," pungkasnya. [rof/ito]