83 Pemandu Wisata Goa, Ikuti Sertifikasi di Goa Akbar

Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com – Untuk meningkatkan kopentensi dan profesionalisme para pemandu wisata (Guide) goa. Dewan Pengurus Asosiasi Wisata Goa Indonesia melaksanakan sertifikasi pemandu goa di Kabupaten Tuban.
 
Kegiatan yang dipusatkan di Wisata Goa Akbar Kabupaten Tuban ini, Dewan Pengurus Asosiasi Wisata Goa Indonesia menggandeng Kementerian Pariwisata Goa Indonesia, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo, Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan Dinas pariwisata Tuban.
 
Dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, dalam kegiatan untuk menunjang kompetensi dan meningkatkan profesionalisme tersebut, diikuti sabanyak 83 peserta pemandu wisata goa se-Kabupaten Tuban.
 
Sekretaris Umum Asosiasi Wisata Goa Indonesia, Yudha Wira Pratama mengatakan, dengan adanya sertifikasi ini para pemandu dan pengunjung wisata goa akan merasa nyaman karena dapat mengetahui banyak hal yang harus dilakukan mulai pra, plaksanaan dan penutupan pemanduan wisata goa.
 
“Dengan sertifikasi ini, maka pemandu akan lebih profesional saat memandu para pengunjung,” ungkapnya.
 
Disamping itu, menurut Yudha dengan meningkatnya pelayanan dalam pemanduan wisata maka akan meningkakan pendapat daerah, perekonomian baik perdagangan, perhotelan dan akan meningkatkan daya tarik wisata tersendiri.
 
Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Tuban, Suwanto mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara sertifikasi kopetensi kerja disektor wisata bidang kepemanduan goa ini yang telah memilih Tuban sebagai pelaksanaan sertifikasi sehingga banyak warga masyarakat dapat mengikutinya dengan mudah setelah melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.
 
 "Dengan pemandu yang profesional ini maka akan dapat melindungi para pemandu lokal dari serangan pemandu asing," ujarnya.[hud/ito]