Batik Tuban Mulai Jajaki Pemasaran Ekspor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com –  Penjualan Batik Khas Tuban yang menjadi ikon Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban saat ini mulai menjajaki pemasaran Ekspor (Luar Negeri).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya,  menurutnya  saat ini sudah ada beberapa pengrajin batik khas Tuban yang melakukan penjualan dengan diekspor, baik  secara langsung ataupun melalui pengembang yang ada di Bali.

“Untuk penjualan batik Tuban kita mulai menjajaki pemasaran ekspor, kemudian secara umum sebaran penjualan batik khas Tuban ini sudah merata, jadi pemasaran mulai dari lokal Kabupaten Tuban sudah jelas dan kabupaten tetangga mulai kita masuk ke sana,” terang Agus.

Di samping itu  selain pemasaran batik  khas Tuban dilakukan dari perajin sendiri dan dinas terkait, saat ini pemasaran batik khas Tuban juga dibantu  oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang memasarkan sesuai dengan levelnya,  dari level Provinsi maupun level Nasional.

Masih kata Agus, pameran batik merupakan unggulan Kabupaten Tuban, dan kali ini banyak even pameran batik  mulai dari pameran di Jakarta, di Makasar, “Setiap mengikuti pameran  omzet yang dihasilkan luar biasa, karena setelah itu pemesanan juga meningkat,” pungkasnya.[hud/col]