Bukit Puthuk Rengel Hasilkan Jagung Manis

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain terkenal dengan pemandangan indah dataran tingginya, Bukit Puthuk yang berada di perbukitan kapur Dusun Gembong, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban juga mempunyai kadar tanah yang cukup bagus untuk tanaman jagung.

Terbukti dengan rasa manis yang terkandung dalam jagung, tanah berkontur batuan kapur tersebut menghasilkan jagung yang memiliki kualitas rasa.

Para petani yang berada di sekitar bukit itupun mengaku takjub akan hal itu. Apapun jenis bibit yang mereka tanam, semua mempunyai rasa manis yang sama.

"Manis semua. Apapun jenis bibit jagung, semua rasanya manis. Hanya ukuran dan bentuknya saja yang beda," terang Suroto, salah seorang petani jagung di bukit Puthuk.

Dari hasilnya, jagung banyak dijual kepada pemborong, pasaran umum, hingga disajikan di pinggiran jalan raya Maibit-Rengel.

"Bersyukur punya tanah seperti ini, meski bukan sepenuhnya milik kami," jelasnya lagi kepada blokTuban.com, Minggu (22/10/2017).

Kendati demikian, tanaman jagung di bukit Puthuk yang juga sering dijuluki dengan nama Bukit Cinta tersebut hanya mengandalkan air hujan untuk pertumbuhan jagung.

"Hujan pun jarang ada, terakhir hujan tanggal 16 kemarin. Itupun hanya gerimis, " pungkasnya. [feb/ito]