Puluhan Pelajar Ikut Lomba Merangkai PC dan Pembuatan Video

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan pelajar tingkat SMP/MTs hingga SMA/SMK dari empat kabupaten mengikuti lomba merakit PC dan membuat video di SMK Negeri 1 Singgahan, Kabupaten Tuban, Rabu (18/10/2017). Kegiatan yang digelar bersama salah satu perusahaan perangkat komputer itu, dalam rangka mengikuti perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang dewasa ini sangatlah pesat.

Ketua pelaksana, Mukhamad Taufiq Hidayanto mengatakan, kegiatan lomba ini sebagai optimalisasi penguasaan, pengembangan, dan penggunaan TI untuk menjawab berbagai masalah masa kini menuju masa depan yang lebih baik.

Sebab pada kenyataannya, tingkat teknis pelaksanaan, di sekolah tingkat SMK/SMA/MA banyak ditemukan masalah. Untuk itu, pihaknya menginisiasi melalui perlombaan di satuan pendidikan ini, untuk dapat mengembangkan TI mengikuti kebutuhan zaman.

"Lomba ini untuk melatih keterampilan siswa dalam merakit PC dan membuat video. Tujuannya, agar kepercayaan diri dan pengalaman sosialisasi bagi siswa dapat terpupuk," kata Taufik Hidayanto, di sela-sela perlombaan, Rabu (18/10/2017).

Taufik begitu ia disapa menjelaskan, perlombaan itu sebagai ajang prestasi dan kompetisi untuk memberikan stimulus kepada siswa dalam bidang keterampilan. Selain itu juga sebagai sarana apresiasi tanggapan, kritik, penilaian, penghargaan dan rangsangan untuk berkreasi.

Pihaknya berharap, hasil dari lomba ini adanya solusi dari permasalahan di sekolah menengah terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam evaluasi pembelajaran terutama dari sisi hardware. Di sisi lain, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

"Besar harapan kami dari lomba ini dapat meningkatkan kemampuan siswa, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi," ulas Taufik panjang lebar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, kegiatan yang bertajuk 'Perkembangan Terkini Teknologi Informasi (TI) Dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer di SMA/SMK itu, diikuti 54 siswa dari tingkat SMP hingga SMA.

Sebagai rinciannya, peserta lomba Perakitan PC diikuti 27 peserta dari 16 sekolah SMA/SMK yang berasal dari 4 kabupaten, yaitu Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik.

Sementara lomba pembuatan Video terdiri dari 27 peserta yang berasal dari 11 sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK dari Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Gresik. [rof/rom]

pc-2