Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran Diterapkan Tahun Depan?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam waktu dekat pemerintah segera mewacanakan mengatur penggunaan subsidi gas elpiji 3 kilogram (kg) tepat sasaran. Sebab, selama ini pemakaian gas harga murah tersebut turut dinikmati oleh orang mampu.

Rencana pemerintah tersebut, sesuai Permen ESDM Nomor 26/2009 akan memulai melakukan distribusi elpiji tersebut secara tertutup pada Februari 2018. Sesuai rencana, nantinya akan menggunakan satu kartu per satu rumah tangga miskin mendapat jatah tiga tabung 3 kg per bulan.

Rencana penjatahan tersebut tidak bisa diuangkan dan hanya benar-benar diberikan kepada warga miskin. Untuk warga mampu, tetap boleh membeli elpiji 3 kg, namun dengan harga berbeda.

Kendati begitu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya ketika dikonfirmasi blokTuban.com menyatakan, pihaknya belum menerima informasi resmi. Sehingga belum ada kepastian pemberlakuan kebijakan tersebut di Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban untuk tahun depan.

"Kok belum ada sosialisasi dan info," jawab Agus Wijaya, ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (18/10/2017).

Diketahui, untuk teknis penyaluran program pemerintah, data warga miskin akan disesuaikan dengan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat. Data tersebut juga disesuaikan dengan penerima listrik Rumah Tangga Mampu (RTM). [rof/rom]