Alam Bersahabat, Tangkapan Nelayan Melimpah

Kontributor: Anang Febri

blokTuban.com - Alam sedang bersahabat dengan nelayan. Sehingga produksi ikan dari hasil tangkap nelayan di Kabupaten Tuban cukup melimpah di bulan-bulan ini.

Pengamatan blokTuban.com, kondisi laut utara di Tuban memang cukup teduh. Gelombang laut tidak terlalu besar dengan angin yang juga tidak terlalu kencang. "Nelayan dengan perahu kecil juga berani melaut sampai ke tengah," kata Bidin (40), seorang nelayan di Kecamatan Palang.

Tidak hanya perahu kecil, kapal-kapal besar (nelayan korsim) juga berani berlayar sampai berhari-hari tanpa hambatan berarti. Merekalah yang membuat pasokan ikan di Tuban cukup melimpah.

"Kadang saya sampai seminggu di tengah laut, ikan juga tidak hanya dijual di pelabuhan Tuban, tapi juga pelabuhan di kota lain yang kita singgahi," terang Dedi, seorang nelayan korsim kepada blokTuban.com.

Banyaknya stok, berpengaruh pada harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Rata-rata harga ikan lebih murah antara tiga sampai lima ribu perkilogramnya.

"Biasanya harga ikan kakap (ikan berkelas) bisa sampai Rp45 ribu, kalau sekarang tidak sampailah segitu," terang Mardinah, seorang penjual ikan di Palang.

Sementara untuk ikan seperti togek, kuningan, dan sejenisnya dipatok dengan harga sekitar Rp20 ribu. [feb/rom]