Ups, Bad Mood Ternyata Bisa Menular

Reporter: -

blokTuban.com - Ketika salah satu rekan kerja terkena batuk pilek, Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa virus sudah mulai menyebar ke lingkaran sosial, dan kemungkinan Anda atau rekan yang lain bisa ikut tertular. Rupanya, hal serupa bisa terjadi bila menyangkut suasana hati, menurut sebuah studi dari University of Warwick.

Dengan bantuan beberapa pemodelan matematika, tim peneliti menggunakan data dari Studi National Longitudinal Study of Adolescent to Adult Health dan menemukan bahwa suasana hati yang baik maupun buruk memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkaran sosial.

"Kami menyelidiki apakah ada bukti bahwa komponen suasana hati individual seperti nafsu makan, kelelahan, dan tidur dapat menyebar melalui jaringan pertemanan," kata Rob Eyre, pemimpin penelitian dan periset statistik kesehatan masyarakat.

Peneliti menemukan, jika Anda terus-menerus dikelilingi dengan orang-orang yang ceria, maka Anda lebih mungkin untuk merasakan hal yang sama. Tapi jika teman Anda adalah sekelompok pemilik suasana hati buruk, Anda juga mungkin akan "bergabung" dengan mereka. [ito]

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/24/101017520/
ups-bad-mood-ternyata-bisa-menular