Tahun ini, Luas Tanaman Tembakau di Tuban Menurun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Musim kemarau tahun 2017 ini, luas lahan tanaman tembakau di Kabupaten Tuban yang tersebar di beberapa kecamatan, cenderung mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, penurunan luas lahan tanaman tembakau tersebut mencapai hingga 600 hektar. Dari yang semula 2000 hektar lebih saat ini tinggal 1400 hektar.

Menurut Kasi Perkebunan Dinas Pertanian Tuban, Suharnowo, penurunan luas lahan tanaman tembakau di Kabupaten Tuban tersebut dipengaruhi oleh dampak dari tahun 2016 lalu, yang mana pada ta hun tersebut prtani tembakau banyak yang merugi.

“Luas lahan tanaman tembakau tahun ini menurun, petani enggan menanam tembakau lantaran hasil panen tembakau ditahun 2016 banyak yang merugi,” ucap Kasi Perkebunan Dinas Pertanian Tuban, Suharnowo, Senin (25/9/2017).

Suharnowo menambahkan, akibat dari menurunya luasan lahan tanaman tembakau tersebut saat ini harga tembakau cukup melambung tinggi yakni kisaran Rp4.500 dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya Rp2.500 perkilogram .

“Meski luasan lahan tembakau milik petani menurun, tapi sekarang petani lebih untungkan dengan harga,” tambahnya.[hud/ito]