Kodim Sosialisasikan P4GN Kepada Anggota

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban, menggelar kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan-IV Tahun 2017 kepada ratusan anggota, Senin (25/9/2017).

Kegiatan P4GN yang digelar di Aula Letda Sucipto Makodim, dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0811/Tuban sebanyak 180 anggota serta Komandan Subdenpom 5/2-4 Tuban, Letnan Satu (Lettu) CPM Agus, sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam paparannya, Komandan Subdenpom 5/2-4 Tuban, Lettu CPM Agus menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar setiap anggota Kodim dapat menjaga diri, keluarga serta lingkungannya dari penyalahgunaan narkoba, yakni dengan cara menambah wawasan dan membangun kesadaran diri.

“Perkembangan penyalahgunaan narkoba saat ini sangat memprihatinkan, untuk itu perlu kewaspadaan dan antisipasi sejak dini untuk menanganinya dengan serius, karena bahaya narkoba dapat merusak generasi muda ke depan,” paparnya.
 
Ia berharap, melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini bisa memperkuat komitmen dan  menambah pengetahuan bagi anggota Kodim Tuban, yang kemudian disebarluaskan di lingkungan keluarga dan masyarakat. “Kepada peserta sosialisasi diharapkan agar terus mensosialisasikan bahaya narkoba, terutama di lingkungan masing-masing, sehingga tercipta masyarakat Kabupaten Tuban yang bebas narkoba,” harap Lettu CPM Agus.

Terpisah Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban, Letkol inf. Sarwo Supriyo menegaskan, dalam kegiatan yang dilaksanakan di minggu keempat tiap bulannya ini, para prajurit diberikan materi tentang pemahaman Hukum dan bahaya narkoba. Karena dua hal tersebut sangatlah penting untuk dipahami oleh para prajurit.

"Ancaman untuk prajurit yang positif mengunakan narkoba adalah pemecatan, tidak ada toleransi. Selain itu, prajurit yang mengikuti minggu militer ini tanpa terkecuali dilakukan tes urine untuk memastikan para prajurit bebas narkoba yang dilanjut dengan pengecekan kendaraan oprasional," terang Dandim. [hud/rom]