Kemarau, Berkah Bagi Perajang Tembakau Desa Tluwe

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Para perajang tembakau di Dukuh Gambir, Desa Tluwe, Kecamatan Soko mengaku terbantu dengan cuaca panas saat ini. Sebab, selain bagus untuk tanaman tembakau, proses pengeringannya juga relatif singkat.

Para perajang tembakau mengaku senang dengan terik panas matahari bulan September ini yang bisa dimanfaatkan untuk menjemur dan mengeringkan tembakau yang sudah dirajang.

"Kalau kemarau di desa lain airnya jadi berkurang, di sini juga sama. Bedanya di sini kita cukup tenang dan senang karena panasnya bisa kita buat untuk kerja," ungkap Shodikin di sela jam istirahatnya, Kamis (21/9/2017).

Dari pantauan blokTuban.com, sedikitnya lima perajang tembakau di wilayah tersebut dalam seharinya mendapat 6 ton kiriman tembakau dari Desa Malo dan Desa Temayang Kabupaten Bojonegoro. Kiriman tembakau yang didapat kemudian dirajang dan dikeringkan.

"Tembakau ini dikirim dari Tapen, Malo dan Temayang. Sampai di sini dirajang, sehari sudah kering dan siap diantar balik," tambah bapak yang memiliki dua anak tersebut kepada blokTuban.com. [feb/col]