5 Fakta Unik di Balik Kesegaran Buah Nanas

Reporter: -

blokTuban.com - Buah khas daratan tropis ini memang sangat unik. Mulai dari bentuk, bau, rasa, dan masih banyak hal unik lain yang mungkin jarang kita ketahui.

Buah dengan nama latin Ananas Comosus ini memang banyak digunakan dalam bahan makanan ataupun minuman. Meski buahnya mudah ditemukan namun ternyata ada banyak fakta unik yang jarang diketahui orang. Apa saja ya fakta uniknya?

1. Bukan buah tunggal

Dilansir huffingtonpost.com, buah nanas ternyata bukan buah tunggal, melainkan sekelompok beri yang membentuk menjadi satu buah tunggal. Meski terlihat mudah untuk menanam nanas, namun dibutuhkan hampir 3 tahun untuk satu pohon nanas untuk mencapai pohon dewasa.

Walau tempat asal nanas adalah dari daratan Amerika Selatan, namun secara umum buah nanas banyak ditanam di Asia Tenggara seperti Thailand dan Filipina. Buah ini juga bisa ditemukan di wilayah Kosta Rika dan Hawaii.

2. Tidak akan terus matang jika sudah dipetik
Beberapa jenis buah biasanya dipetik saat hampir matang atau bahkan saat belum begitu matang. Biasanya buah akan terus berproses menuju kematangan saat diperam. Namun nanas ternyata akan menghentikan proses pematangan buah jika sudah dipetik. Jadi pastikan buah yang Anda beli benar-benar matang.
Nanas yang sudah matang sempurna juga ternyata mudah rusak. Anda harus segera mengonsumsi nanas dalam dua hari jika disimpan pada suhu kamar dan dalam waktu sekitar seminggu jika didinginkan.

3. Asal muasal nama 'Pineapple'

Nama nanas dalam bahasa Inggris 'pineapple' ternyata diberikan saat orang Eropa datang ke Amerika. Saat mereka melihat buah nanas, mereka menyebutnya pineapple karena teksturnya mirip dengan buah cemara.

4. Bisa dibuat wine

Siapa bilang nanas hanya bisa dimakan segar, atau dijadikan jus? Nanas juga ternyata bisa dibuat sebagai minuman wine loh. Di Maui, Hawaii misalnya, mereka memanfaatkan nanas untuk menciptakan minuman sekelas wine. Nanas yang digunakan juga beragam namun biasanya mereka menggunakan jenis nanas gold atau Makani.

Selain dibuat wine, nanas juga dipakai sebagai pengganti labu jack-o saat Halloween.

5. 1001 manfaat Nanas

Nanas mengandung zat bromelain yang terbukti ampuh untuk mengatasi radang, juga bisa melemaskan otot yang tegang, juga membantu pencernaan.

Buah tropis ini juga punya kandungan yang bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker. Meski begitu, para wanita hamil perlu waspada karena kabarnya terlalu banyak mengonsumsi nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran.
Selain mengandung banyak manfaat vitamin untuk tubuh, nanas juga sering digunakan di dunia kuliner sebagai bahan pelunak daging alami. Bromelain dalam nanas ternyata bisa meluruhkan protein daging sehingga membuatnya lebih lunak dan empuk.

Sumber https://kumparan.com/niken-nurani/5-fakta-unik-
di-balik-kesegaran-buah-nanas