Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Ketua Komisi IIV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Satya Widya Yudha, memberikan bantuan mesin berbasis elpiji kepada nelayan di Kabupaten Tuban, bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pemberian bantuan tersebut dilangsungkan di Pantai Mangrove Jenu, Rabu (20/9/2017), dengan dihadiri nelayan yang menerima bantuan mesin.

Unit mesin yang dibagikan kepada nelayan terus bertambah jumlahnya. Sejak tahun 2016 jumlah mesin yang dibagi 330 unit, sedangkan di tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 566 unit.

Satya Widya Yudha mengatakan, pemberian bantuan mesin terhadap nelayan ini akan terus ditingkatkan jumlahnya, agar yang sebelumnya belum menerima bisa mendapatkan bantuan juga.

"Kita usahakan semua nelayan mendapatkan bantuan mesin berbasis elpiji agar meringankan perekonomiannya," ujarnya politisi asal Golkar tersebut kepada wartawan di lokasi.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan terhadap nelayan ini bukan asal memberi. Artinya, hanya nelayan kecil saja yang diprioritaskan untuk mendapatkan pemberian mesin berbasis elpiji.

"Hanya nelayan kecil yang dapat, nelayan yang besar tidak dapat, sebab secara perekonomian nelayan besar sudah mampu," terang Yudha begitu dia disapa.

Sementara itu, Dirjen Migas ESDM, Ego Syahrial menyatakan, pemberian bantuan terhadap nelayan ini adalah upaya pemerintah untuk membantu nelayan yang golongan kecil. Sebab, pemerintah melihat biaya menggunakan bensin atau solar sangat mahal dirasakan nelayan, sehingga diberi mesin berbasis elpiji.

"Kita beri bantuan mesin berbasis elpiji bagi nelayan kecil, karena sangat efisien secara anggaran," pungkasnya. [nok/col]