Musim Kemarau Hasil Panen Petani Tembakau Meningkat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Musim kemarau tampaknya menjadi berkah bagi petani tembakau di Kabupaten Tuban. Pada musim kemarau ini, hasil panen petani yang menggeluti bahan utama pembuatan rokok tersebut meningkat tajam.

Petani mengaku, pada hasil panen sebelumnya kurang begitu bagus. Namun pada musim kemarau ini, hasil panen tembakau begitu terlihat sangat produktif dan dirasakan oleh petani.

"Hasilnya sangat bagus, banyak yang kita dapat. Ini kita panen hasilnya 3 ton tembakau, sebelumnya tidak sampai," kata salah seorang petani tembakau, Witono saat ditemui di lahan garapannya, di Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Senin (18/9/2017).

Pria yang mengaku sebagai warga Desa Gesing itu juga menambahkan, dari hasil panen tembakau yang didapat ini, nantinya akan dibawa pulang terlebih dulu, selanjutnya akan diberikan kepada pembeli.

"Kita bawa ke rumah dulu, nanti ada yang mengambil," terang dia saat mulai mengikat daun tembakau yang usai dipetik itu.

Sementara petani tembakau lainnya, Yanto juga mengatakan hal sama. Bahwa hasil panen tembakau kali ini meningkat dibandingkan dengan panen sebelumnya. Sekarang kebanyakan petani senang atas hasil panen yang diperoleh.

"Ya senang, sekarang panennya bisa sampai angka ton, bisa sampai 1-2 ton," ungkap Yanto singkat.

Harga tembakau sendiri dari petani berkisar sekitar 4 ribu per kilogramnya. Satu tanaman tembakau bisa dipanen hingga 4 kali. [nok/rom]