2019, Targetkan Seluruh Kecamatan Ada Unit PDAM

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Seiring kebutuhan air bersih masyarakat yang terus bertambah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lestari Kabupaten Tuban mentargetkan tahun 2019, 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban sudah terlayani air bersih dari PDAM.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan PDAM Tuban Kasmijan, hingga saat ini PDAM Tirta Lestari Kabupaten Tuban telah mempunyai beberapa unit sumur bor yang menjangkau di wilayah 16 kecamatan.

"Tahun 2019 kami targetkan 20 kecamatan finish, namun apabila belum kami upayakan paling lambat di tahun 2021," ujar Kasmijan kepada blokTuban.com.

Menurutnya, dari 16 kecamatan yang telah terlayani PDAM tersebut adalah Kecamatan Tuban, Semanding, Palang, Soko, Rengel, Tambakboyo, Plumpang, Jatirogo, Bancar, Merakurak, Jenu, Bangilan, Grabagan, Montong, Widang dan Parengan.

"Masih ada 4 kecamatan yang belum ada unit PDAM, yaitu Singgahan, Bangilan, Senori dan Kerek," ungkapnya.

Masih kata Kasmijan, untuk pembiayaan memperluas jangkauan PDAM, pengadaan sumur bor tersebut akan didanai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). [hud/rom]