Menpora Terpilih Kembali Jadi Ketua IKA-UINSA

Reporter: M. Safuan/blokBojonegoro.com

blokTuban.com - Menpora Imam Nahrawi, terpilih kembali sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sunan Ampel (IKA-UINSA) periode 2017-2022 Jumat (15/9) dini hari kemarin. Dalam muktamar ke-1 Ika UINSA yang berlangsung di Hotel Green SA Inn, Juanda, Sidoarjo, Nahrawi tidak mendapat pesaing.

Hampir seluruh peserta sidang pleno pemilihan ketua umum meminta Nahrawi langsung dikukuhkan kembali sebagai ketua umum untuk periode lima tahun mendatang.

Menurut Sekjend IKA-UINSA A. Bajuri, Menpora mendapatkan suara aklamasi dari sekitar 300 peserta muktamar. Mereka berasal dari pengurus pusat, koordinator wilayah (Korwil), koordinator daerah (Korda) dan komisariat dari Aceh sampai Papua.

Lebih lanjut Bajuri menjelaskan, proses pemilihan Ketua Umum IKA-UINSA berlangsung cukup lancar, walaupun sebelumnya ada kasak-kusuk ada calon lain yg dimunculkan. "Ternyata pada hari H pemilihan, para peserta muktamar secara serentak meminta agar Imam Nahrawi dikukuhkan kembali," katanya.

Sebelumnya, Nahrawi yang alumni Fakultas Tarhiyah IAINSA -sekarang UINSA- angkatan 1991 itu sudah memimpin IKA-UINSA dengan SK rektor UINSA pada 6 November 2015. Dengan terpilihnya Nahrawi sebagai ketua umum ini sekaligus memberikan legitimasi bahwa Nahrawi terpilih bukan karena penunjukan tapi lewat Muktamar.

Muktamar I IKA-UINSA yang diselenggarakan selama 2 hari, 14-15 September 2017, juga menghasilkan beberapa keputusan. Antara lain mengubah nama Muktamar menjadi Munas, menyempurnakan bentuk organisasi, dan memberikan rekomendasi dalam rangka menyikapi masalah korupsi,  kebijakan pendidikan dan konflik etnis Rohingya di Myanmar.

Imam Nahrawi, ketua terpilih mengajak semua pihak membantu dalam menjalankan amanah ini. "Bagi saya, amanah ini ibarat gunung tinggi. Untuk mencapai puncak, kita harus bersama saling bersinergi. Jangan takut mencapai puncak gunung, karena kita saling mendukung," kata menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi ini.

Sehari sebelumnya, Kamis (14/9), Imam Nahrawi mendapatkan Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari UINSA . Gelar kehormatan itu disampaikan langsung oleh Rektor UINSA Prof Dr Abd A'la MAg di gedung sport center UINSA disaksikan ribuan undangan dari multi profesi sebagai kolega Imam Nahrawi. "Sejak sekarang, beliau berhak menyandang gelar Dr H Imam Nahrawi SAg, MKP," ujar rektor disambut tepuk tangan para undangan. [sof/lis]