Pelaksanaan DD Tahap Satu Mencapai 75 Persen, Tahap Dua Tunggu!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Tuban cukup bernafas lega. Pesalnya, mereka telah menerima Dana Desa (DD) Tahap Satu yang di transfer langsung ke rekening desa.

"Realisasi penyaluran DD Tahap Satu sudah 100 persen tinggal menunggu pelaksanaannya," jelas Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (DPMD dan KB) Tuban, Anto Wahyudi, Kamis (14/9/2017).

Kendati begitu, lanjut Anto, sapaan akrabnya, hingga minggu ke dua September ini realisasi pelaksanaan DD Tahap Satu baru mencapai 75 persen. Sementara untuk pengajuan Tahap Dua juga terus berproses.

"Sekarang proses entri data ke aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara ( OM SPAN ) Kementerian Keuangan yang dibantu pendamping desa," beber Anto.

Sebelumnya, DPMD dan KB Tuban juga telah memberi penyuluhan penggunan DD kepada semua perangkat dan kepala desa se-Kabupaten Tuban. Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) itu lebih ditekankan untuk memberi pembinaan kepada Pemerintah Desa agar tidak tersandung masalah hukum saat menggunakan DD.

Dijelaskan Anto, masing-masing desa memiliki cara pandang berbeda terkait regulasi penggunaan DD. Untuk itu, agar memudahkan pemahaman desa, DPMD dan KB perlu memberikan pembinaan secara intensif ke masing-masing desa dengan jemput bola di kecamatan-kecamatan. [rof/ito]