Berangkatkan Kafilah FASI, Wabub Berharap Predikat Juara Nasional Diraih

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berkat diraihnya Juara Umum Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke-X tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Kafilah FASI Kabupaten Tuban mendapatkan kesempatan untuk mewakili kafilah Jawa Timur pada FASI ke-X tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 13 sampai dengan 16 September mendatang, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seiring, akan segera terselenggaranya FASI ke-X tingkat Nasional tersebut, Pemerintah (Pemkab) Tuban melaksanakan prosesi pemberangkatan peserta Kafilah FASI yang dilaksanakan didepan ruang kerja Wakil Bupati (Wabup) Tuban H. Noor Nahar Hussein, Selasa (12/9/2017).

Dalam kesempatan ini, Wabup Tuban mengatakan rasa bangganya terhadap Kafilah FASI
yang sebelumnya telah membanggakan Bumi Wali di tingkat Provinsi Jatim, ia juga berharap Kafilah FASI dapat membawa nama baik di tingkat Nasional.

"Saya sangat berbangga hati melihat generasi muda Bumi Wali yang berprestasi, harapannya predikat juara juga dapat diraih di tingkat Nasional,” harap Wabup.

Menurutnya, dengan brand Bumi Wali, Kabupaten Tuban harus dapat menumbuhkan bibit-bibit generasi yang Qurani dan dapat membumikan Alquran di setiap tingkah laku terutama dalam
bermasyarakat. "Bagi anak-anak yang sangat membanggakan ini, semoga dapat menularkan kebaikannya kepada teman-teman dan lingkungannya,” ujar Wabup.

Wabup juga berpesan bahwa juara bukan lah yang utama tetapi patut untuk diperjuangkan, yang terpenting adalah memberikan yang terbaik untuk Bumi Wali

Sementara itu, Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tuban, Subhan dalam pemberangkatan Kafilah FASI tersebut menjelaskan dalam FASI ke-X tingkat Nasional ini, dari Jatim akan mengikuti 11 cabang lomba, 6 lomba akan diikuti oleh Kafilah Tuban yang terdiri dari 11 santri, dan 5 lomba lainnya adalah gabungan dari Kabupaten/Kota lainnya di Jatim.

"Kafilah FASI Jatim terdiri dari gabungan Kabupaten/Kota, namun Kabupaten Tuban mengikuti lomba terbanyak yaitu 6 perlombaan yang sebelumnya pernah dimenangkan pada tingkat Provinsi," jelas Subhan.

Masih kata Subhan, peserta dari Kabupaten Tuban yang diberangkatkan sebanyak 29 orang yang terdiri dari 11 santri, 5 pengurus dan 13 pembina. Adapun yang dilombakan adalah lomba Adzan, Menggambar, mewarnai, CCQ Al Quran, Tarjim Al-Quran dan Pidato Bahasa Indonesia.

"Sebelum berangkat Banjarmasin, menurut pria asal Singgahan itu, peserta akan mengikuti tahap akhir persiapan di Surabaya terlebih dahulu," tambah Subhan.

Pria asal Singgahan ini, berharap dukungan dan doa dari masyarakat tuban untuk
hasil yang maksimal. Peserta Kafilah FASI Ke-X diberangkatkan dengan bacaan Adzan oleh M. Nazril Muharom, santri yang baru berusia 5 setengah tahun.

Pada Acara yang direncanakan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo ini, akan dihadiri oleh 34 DPW BKPRMI se-Indonesia sebanyak 20.000 peserta dan akan melaksanakan sarasehan 10.000 Ustadz-Ustadzah LPPTKA BKPRMI se-Indonesia dan juga diagendakan Jambore Pemuda Remaja Masjid BRIGADE BKPRMI. [hud/col]